Selamatkan Generasi Millenial, Kapolda Kalbar Ajak Warga Tertib Berlalu Lintas

Posting oleh admin pada tanggal
Selamatkan Generasi Millenial, Kapolda Kalbar Ajak Warga Tertib Berlalu Lintas



Edi : Melalui MRSF, Minimalisir Angka Laka Lantas

Lebih dari 60 ribu orang tumpah ruah pada puncak Millenial Road Safety Festival (MRSF) di depan Taman Alun Kapuas Jalan Rahadi Usman, Minggu (3/3/2019).  Dalam kesempatan itu, Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono membacakan deklarasi yang berisi mengajak seluruh masyarakat dan Millenial untuk tetap tertib berlalu lintas. Dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi oleh Gubernur Kalbar Sutarmidji dan Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono. Kegiatan itu diisi dengan Jalan Sehat dan beberapa kegiatan lainnya dalam menyemarakkan MRSF.

Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono menerangkan, menurut survey data kecelakaan lalu lintas (laka lantas), pada umumnya korban berasal dari kalangan generasi millenial. Melihat data tersebut, maka generasi millenial sebagai generasi penerus bangsa harus diselamatkan melalui tertib dan disiplin dalam berlalu lintas. “Kami mengajak masyarakat dan generasi Millenial untuk tertib berlalu lintas dan mengingatkan masyarakat agar tetap berhati-hati dalam berlalu lintas serta mengurangi angka kematian dalam berlalu lintas,” ujarnya.

Kapolda Kalbar menambahkan, hari ini merupakan puncak pelaksanaan MRSF di Provinsi Kalbar, dimana Polda Kalbar sebagai leading sector bekerjasama dengan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota beserta seluruh komponen masyarakat, stakeholder, termasuk DPR RI yang dihadiri oleh Irjen Pol (Purnawirawan) Drs Erwin TPL Tobing. “Ke depan kegiatan ini menjadi momentum bagaimana kita meneruskan pembangunan selanjutnya melalui program-program, baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” katanya.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono berharap melalui MRSF ini, Kota Pontianak sebagai kota yang berkembang dengan pertumbuhan kendaraan yang begitu pesat, angka kecelakaan lalu lintas bisa ditekan seminimal mungkin. “Kuncinya adalah kesabaran dan kepatuhan dalam mengendarai kendaraan dengan mentaati rambu-rambu serta tertib dalam berlalu lintas. Kalau ini kita terapkan bersama-sama, kita yakin bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya,” ungkapnya.

Dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas, terutama dari kalangan Millenial, pihaknya terus melakukan pembinaan kepada para siswa di sekolah-sekolah bagi mereka yang masih dibawah umur dan belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), agar tidak mengendarai kendaraan bermotor. Bahkan secara rutin pihaknya melakukan penertiban dengan merazia sejumlah kendaraan siswa yang sengaja diparkir di luar lingkungan sekolah. “Kita juga bekerja sama dengan Polresta Pontianak untuk terus mensosialisasikan betapa pentingnya mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku,” pungkasnya. (jim)
@